CAI


PENGERTIAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
(COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION)

Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer maupun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal mau pun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia (Emithu, 2010).[1]
Istilah CAI umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer dimana siswa dapat berinteraksi dengannya. Sistem komputer menyajikan serangkaian program pengajaran kepada siswa baik berupa informasi maupun latihan dan soal-soal untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu dan siswa melakukan aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan sistem komputer. Materi pelajaran dapat disajikan program CAI melalui berbagai metode seperti: drill and practice, tutorial, simulasi, gamesproblem-solving, dan lain sebagainya.[2]

Dari segi tinjauan beberapa paper, banyak keuntungan yang bisa menempatkan CAI menjadi produk yang diunggulkan. Tidak hanya dari segi bagaimana produk dari teknologi ini banyak digunakan, tetapi juga bagaimana produk ini memberikan hasil yang berkualitas. Ada lima tipe CAI yang sering dipergunakan yaitu :
a.      Drill & Practice (Latihan dan Praktek)
Program Drill & Practice menyajikan materi pelajaran untuk dipelajari secara berulang. Tipe program ini adalah cocok dipergunakan sewaktu pengajar menyajikan latihan soal dengan disertai umpan balik. Tipe perangkat lunak ini sering kali dipergunakan untuk menambah pelajaran pada bidang matematika atau faktual. Selama pelaksanaan latihan-latihan soal pada Drill & Practice, komputer dapat menyimpan jawaban yang salah, laporan nilai, contoh jawaban yang salah dan pengulangan dengan contoh-contoh masalah yang telah dijawab secara tidak benar
b.      Tutorial
Software Tutorial ini menyajikan materi yang telah diajarkan atau menyajikan materi baru yang akan dipelajari. Pada program ini memberi kesempatan untuk menambahkan materi pelajaran yang telah dipelajari ataupun yang belum dipelajari sesuai dengan kurikulum yang ada.
Tutorial yang baik adalah memberikan layar bantuan untuk memberikan keterangan selanjutnya atau ilustrasi selanjutnya. Dan juga untuk menerangkan segala informasi untuk menyajikan dan bagaimana menyajikannya. Ketika kita mengevaluasi Tutorial, kita perlu untuk mengevaluasi jika Tutorial tidak hanya menyajikan informasi tapi juga harus menerangkan jawaban-jawaban yang salah. Sewaktu software ini menerangkan jawaban- jawaban yang salah, software ini harus mempunyai kemampuan untuk melanjutkan pelajaran dari poin dengan memberi umpan balik pada informasi yang salah dimengerti sebelum melanjutkan ke informasi baru
c.       Simulation (simulasi)
Software simulasi memberikan kesempatan untuk menguji kemampuan pada aplikasi nyata dengan menciptakan situasi yang mengikutsertakan siswa-siswa untuk bertindak pada situasi tersebut Simulasi dipergunakan untuk mengajar pengetahuan prosedural seperti belajar bagaimana untuk menerbangkan pesawat atau mengemudikan mobil. Program simulasi yang baik dapat memberikan suatu lingkungan untuk situasi praktek yang tidak mungkin dapat dilakukan di ruang kelas atau mengurangi resiko kecelakaan pada lingkungan sebenarnya
d.      Problem Solving (Memecahkan Masalah)
Software Problem Solving menyajikan masalah-masalah untuk siswa untuk menyelesaikannya berdasarkan kemampuan yang telah mereka peroleh. Software ini memberikan aplikasi dasar strategi pemecahan masalah, analisis akhir, mencari ruang permasalahan, dan inkubasi Software ini akan membantu siswa untuk menciptakan dan mengembangkan strategi pemecahan masalah mereka
e.       Instructional & Educational Games
Instructional atau Educational Games merupakan paket software yang menciptakan kemampuan pada lingkungan permainan. Permainan diberikan sebagai alat untuk memotivasi dan membuat siswa untuk melalui prosedur permainan secara teliti untuk mengembangkan kemampuan mereka[3]

           
Pengajaran berbantuan computer atau Computer Assited Intruction, (CAI) adalah: pengajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu dan dapat digunakan sebagai mesin belajar atau teaching machine.[4]
Komputer dapat memberikan macam-macam bantuan lainnya :
-          Menyimpan bahan pelajaran yang dapat dimanfaatkan kapan saja diperlukan
-          Memberi informasi tentang berbagai refrensi dan sumber –sumber serta alat audio-visual yang tersedia.
-          Memberi iformasi tentang ruang belajar, murid-murid dan tenaga pengajar
-          Memberi informasi tentang hasil belajar murid,
-          Menyarankankegiatan-kegiatan belajar yang diperlukan oleh seorang murid serta menilai kembali pekerjaan murid pada waktunya serta memberi tugas baru untuk dikerjakan selanjutnya.[5]

Dari beberapa uraian dimuka penggunaan pembelajaran berbantuan komputer bersifat intelijen atau cerdas. Akan  mendapatkan hasil yang optimal, perangkat ajar di dalam pengajaran berbantuan komputer dapat memberikan kemungkinan-kemungkinan sehingga pemakainya dapat mengolah informasi sedalam mungkin. Pengolahan informasi yang dalam akan sangat membantu penyimpanan informasi di dalam memori seseorang, yang akan mempengaruhi jangka waktu ingatan akan informasi tersebut. Pengolahan informasi ini sangat dipengaruhi oleh rancangan instruksional dari perangkat ajar dan pemakaian strategi belajar yang tepat oleh pemakai perangkat ajar.



[2] Ibid
[3] Patterson, Strickland, 1986 dalam httv://www.buffalogravhics.com/Assienment/sofiware eavaldoc.html.
[4] S.Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta, 1992. H.60
[5] Ibid., h.60


BAGI REKAN REKAN MEMERLUKAN CONTOH SKRIPSI PTK (Penelitian Tindakan Kelas) lengkap silahkan kirim sms 0821 8308 2171 atau kirim ke email   sudir.man23@ymail.com  biaya bisa kita rundingkan.