Ulasan


Pendidikan adalah suatu modal dasar kemajuan suatu bangsa

          Bila kita lihat sejarah bagaimana perkembangan bangsa-bangsa yang saat ini dikatakan negara maju, sebenarnya dasar utama adalah pendidikan. Bila kita kita bicara pendidkan memang tidak bisa kita pungkiri memerlukan dana yang besar tidak sedikit. Untuk menyiapkan sarana prasarana saja tidak sedikit. 
Coba kita hitung secara hitungan kasar berapa kira-kira berapa biaya yang diperlukan untuk satu mata pelajaran contoh mata pelajaran sains. Dari peralatan pendukung diluar buku Mikroskop contohnya kalau satu sekolah 1 mikroskop dengan nilai rp.200.000,- bisa kita bayangkan berapa ribu sekolah di negara kita. Belum lagi bila kita siap laboraturiumnya yang lengkap 1 sekolah dengan nilai Rp.100.000.000,- ini yang penulis maksud biaya pendidikan tidak sedikit yang harus disiapkan. 
          Tapi seperti didalam judul yang di awal tulisan pendidikan adalah suatu modal dasar kemajuan suatu bangsa. Mau tidak mau betapa pun besar biaya yang harus disiapkan harus kita persiapkan, bila kita ingin bangsa kita maju, tapi besyukurlah kita saat ini walau masih jauh kurang dengan pantang menyerah kita maju demi negeri kita tercita jangan tertinggal jauh dari negara-negara lain. 
           Semoga negeri ini menjadi negeri yang maju kelak kemudian hari bukan menjadi negeri yang terpuruk. Mari kita bekerjasama bahu membahu sesuai dengan bidang tugas kita masing-masing. Guru adalah ujung tombak yang langsung terjun didalamnya mari berjuang semaksimal mungkin walaupun banyak sekali kekurang-kekurangan. Janganlah kita berputus asa, tidak bisa kita bayangkan apalah jadinya bila guru si negeri ini baik negeri maupun swasta 80 % berputus asa. +_+



NASIB SANG GURU
Alangkah berbahagia,melebihi nilai uang bila karya-karya kita dihargai orang apalagi karya-karya yang kita buat dapat bermanfaat bagi orang lain. Inilah nilai lebih yang saya rasa dimiliki sorang guru sejati. Dengan hasil karyanyalah keberhasilan seseorang. Kita buktikan saja apakah mungkin ada seorang yang mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi seperti prisiden tidak mungkin tidak mempunyai guru. Begitupula sebaliknya apabila seorang guru melihat anak didiknya tidak berhasil apalagi keluar dari kaidah hukum baik negara maupun agama hatinya akan sedih sekali melebihi sakit terkena pisau. Hargailah guru-guru kita janganlah kita lupakan, banyak sudah contoh yang tadinya siswa menjadi orang terpadang di dalam suatu negeri, kendaraan mewah, rumah mewah dengan sarana pendukung yang lain. Bagaimana gurunya dahulu, hidup dalam keadaan pas-pasan. Rumah dari membangun pertama tidak berubah bahkan semangkin rusak termakan usia jauh dibandingkan dari kemewahan siswanya dahulu. Tapi janganlah berkecil hati bagi seorang guru sebenarnya kekayaan dimilikinya melebihi isi dunia kelak akan dinikmatinya.   *_*

APA YANG DILAKUKAN DIWARNET


Perkembangan kemajuan teknologi saat ini mengalami suatu loncatan yang sangat besar disegala bidang teknologi, dalam ulasan ini kita tidak akan membahas satu persatu disebabkan didalam pembahasan sangatlah menyita waktu. Yang akan kita coba bahas adalah apa yang dilakukan diinternet. Apakah untuk belajar sesuai dengan jenjang pendidikan sipengguna ?
Bila kita bicarakan internet hampir semua orang dinegeri kita ini mengetahuinya baik sedikit maupun banyak. Nah bagaimana manfaatnya internet ini khususnya untuk kemajuan pendidikan kita. Dalam pengalaman penulis baik yang penulis lihat dan rasakan  langsung (maaf belum menggunakan sampel) kebanyakan pengguna internet berkaitan dengan pendidikan (belajar) sesuai dengan jenjang pendidikan sangatlah minim sekali terutama sekali untuk sekolah tingkat dasar mayoritas banyak menggunakan untuk bermain games dan FB, bukan berarti penulis anti pati terhadap kedua hal tersebut Karena penulis juga seneng kok ( hehehe), dalam hati penulis berkata apakah karena sangat minim pembelajaran di internet atau kurang minatnya sipengguna internet atau lagi didalamnya (penyampai pembelajaran) desainnya kurang menarik dsb dsb.
Secara jujur sebenarnya termasuk di tempat penulis bertugas pernah penulis bertanya kepada para siswa apa yang banyak dilakukan ketika diwarnet ?  jawab mereka secara kompak “bemain games dan fb an pak”  hehehe dasar anak-anak. Nah untuk ini didalam tulisan ini penulis mengajak terutama guru ketika mengajar para siswanya sampaikanlah bahwa bila mereka ke internet untuk membuka situs yang berkaitan dengan pendidikan seperti Dunia Belajar dan yang lainnya. Kebetulan juga diblog ini untuk kedunia belajar juga dipasang, hehehe promosi.
Semoga dunia pendidikan kita semangkin maju. Salam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar