cara menumbuhkan motivasi



Bentuk-bentuk Motivasi Belajar
Di dalam kegiatan belajar peranan motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangat di perlukan. Ada beberapa bentuk dan cara untuk menumbuhkan motivasi dalam kegiatan di sekolah yaitu :
1.      Memberi angka
Angka dalam hal ini sebagai simbol dan nilai kegiatan belajar yang baik,maka siswa  yang utama justru mencapai angka/nilai yang baik.
2.      Hadiah
Dengan diberi hadiah dari hasil belajar yang baik, maka siswa akan termotivasi untuk meningkatkan belajar agar  mendapatkan nilai yang tinggi dan juga demi mendapatkan nilai :
3.      Saingan / Kompetensi
Siswa dalam termotivasi dengan cara saingan/ kompetensi dengan teman belajarnya.
4.      Ego Invovement
Dengan menumbuhkan kesadaran kepada siswa akan merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan  sehingga bekerja kera dengan mempertahankan harga diri.
5.      Mengetahui hasil
dengan mengetahui hasil pelajaran, akan mendorong siswa untuk lebih giat belajar.
6.      Pujian
Pujian adalah bentuk reinformcemen yang positif dan sekaligus merupakan motivasi yang baik.
7.      Hukuman
Hukuman sebagai reinforcemen yang negatif tetapi bila di gunakan secara tepat dan bijak akan menjadi salah satu alat motivasi. Oleh karena itu, guru harus mengetahui prinsip-prinsip pemberian hukuman.
8.      Hasrat untuk belajar
Hasrat untuk belajar, berarti ada unsur kesengajaan. Ada maksud untuk belajar, hal ini akan menjadi lebih baik bila dibandingkan segala sesuatu kegiatan yang tanpa maksud.
9.      Minat
Motivasi muncul dengan adanya kebutuhan, begitu juga dengan minat, maka minat merupakan alat motivasi yang pokok.
10.  Tujuan yang diakui
Tujuan yang diakui merupakan salah satu cara untuk menimbulkan motivasi dalam belajar karena dengan adanya tujuan, maka akan timbul gairah untuk terus belajar.[1]


[1]Sardiman AM, Op Cit., hlm. 90





untuk melengkapi perpustakaan makalah silahkan klik download dibawah ini
semoga bermanfaat