tujuan metode problem solving menurut para ahli



TUJUAN MEMPERGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING

Tujuan mempergunakan metode problem solving dalam proses belajar   mengajar pada dasarnya adalah untuk melatih berfikir si terdidikBanyak   pendapat yang menguraikan tentang tujuan menggunaknn metode problem   solving  antara lain.
a.   Menurut  Abdul Kodir Munsyi, Nasai  Hasyim  dan  mukhrin banua  tujuan   penggunaan mentode ini  adalah  "melatih anak-anak menghadapi  masalah-masalah  yang  sederhana  sampai yang  sulit di dalam masyarakat," [1]  

b.  Tayar Yusuf mengatakan dalam bukunya IImu Praktek Mengajar  bahwa , . . tujuan utama dari si stem pengajaran ini (metode Problem Solving) adalah melatih kemampuan masing-masing individual murid di dalam memecahkan suatu masalah secara tepat dan baik,"[2]
c.  Pendapat lain menerangkan bahua tujuan utama dari penggunaan metode Problem Solving adalah:
1)      Mengembangkan kemampuan berfikir, terutama di dalam mencari sebab akibat dan tujuan suatu masalah, Metode ini melatih murid dalam cara-cara mendekati dan cara-cara mengambil langkah-langkah bila akan memecah­kan suatu masalah.
2)      Memberikan kepada murid pengetahuan dan kecakapan praktis yang bernilai/bermanfaat bag! keperluan hidup sehari-hari. metode ini memberikan dasar-dasar pengalaman yang praktis mengenai bagaimana cara-cara meme­cahkan suatu masalah dan kecapakan ini dapat diterapkan bagi keperluan menghadapi masalah-masalah lainnya di dalam masyarakat.[3]

Demikianlah sebagian keterangan dari para ahlinya tentang tujuan yang dicapai dalam mempergunakan metode problem solving, Bi1a  tujuan-tujuan   tersebut disederhanakan maka akan terlihat tujuan yang akan dicapai dalam rnem­pergunakan metode problem solving antara lain:
1)      Melatih kemampuan berfikir si terdidik dalam menghadapi masalah.
2)      Melatih si terdidik menemukan langkah-langkah yang di tempuh bila menemukan masalah yang ada kemiripannya.
3)      Melatih  si terdidik bagaimana bertindak dan berbuat da­lam situasi yang baru ditemukan.
4)      Melatih  siswa bagaimana caranya  menemukan   jalan   keluar dari   problem   yang  sulit.
5)      Melatih siswa menetapkan  suatu keputusan  yang  diambil.
6)      Melatih  siswa  bagaimana  membatasi  masalah yang dihadapi.
7)      Belajar manyadari bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya jika   dilakukan  dengan  bersungguh-sungguh.
8)      Belajar meneliti suatu problem dari berbagai  segi pandang.
9)      Belajar bagaimana bekerja yang sistimatis sehingga masalah  yang dihadapi   lebih  mudah  dipecahkan.
10)  Melatih diri si  terdidik  bagaimana  menetapkan  suatu  keputusan  dengan   kebenaran.

Dengan mempergunakan metode problem solving si ter­didik dapat mampu menghadapi masalah-masalah.yang dihadapinya sehari-hari .


[1]  Abdul Kodir Munsyi,Nasai Hasyim dan Mukhrin, op cit.,  h. 77

[2] Tayar Yusuf, op cit., h. 56

[3]  Jusuf Djajadisastra, Metode-metode Mengejar Jilid II, Angkasa, Bandung, 1985, h. 24