Sumber
belajar
Pengertian
Pengertian
sumber belajar sebagai segala tempat atau lingkungan sekitar benda dan orang
yang mengandung imformasi yang dapat digunakan sebagai wahana untuk melakukan
proses perubahan tingkah laku.
Katogori
Sumber Belajar sbagai berikut :
a. Tempat
atau lingkungan alam sekitar
b. Benda yaitu segala benda yang memungkinkan
terjadinya perubahan tingkah laku peserta didik
c. Orang
yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu tertentu
d. Buku
yaitu segala macam buku yang dapat dibaca secara mandiri oleh peserta didik
e. Peristiwa
dan fakta yang sedang terjadi.
Sumber
belajar akan menjadi bermakna apabila sumber belajar diorganisir melalui suatu
rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya.
Fungsi Sumber Belajar
Fungsi
sumber belajar
1. Fungsi
Riset dan teori
2. Fungsi
desain
3. Fungsi
produksi dan perumpamaan
4. Fungsi
evaluasi dan seleksi
5. Fusi
organisasi dan pelayanan
Adapun
tahapan-tahapan dalam mengelola sumber belajar adalah sebagai berikut:
Pertama.
Membuat daftar kebutuhan memalalui sumber dan sarana
Kedua. golongkan ketersediaan
alat. bahan atau sumber belajar tersebut
Komponen
Sumber Belajar
Komponen sumber belajar
adalah suatu system.. maksudnya sumber belajar itu merupakan suatu kesatuan
yang didalamnya terdapat komponen yang saling berhubungan. saling mempengaruhi.
serta saling melengkapi.
Adapun
komponen-komponen belajar dapat dibagi sebagai berikut
·
Tujuan, misi. dan fungsi sumber belajar.
Setiap sumber belajar selalu mempunyai tujuan atau misi yang akan sicapai
tujuan Setiap sumberitu selalu ada. baik
secara eksplisit maupun secara inplisit.
·
Bentuk. format, atau keadaan fisik
sumber belajar. Wujud sumber belajar secara fisik satu dengan yang lain
berbeda-beda, misalnya pusat pembelajaran berbeda dengan kantor bank, meskipun
sama-sama memberi informasi perdagangan.
·
Pesan yang dibawa oleh sumber belajar.
Setiap suber belajar selalu membawa pesan yang dapat dimanfaatkan oleh
pemakainya. antara lain: pesan harus sederhana, cukup luang, lengkap, mudah
dimaknai.
·
Tigkat kesulitan atau kompleksitas
pemakaian sumber belajar berkaitan dengan keadaan fisik dan pesan sumber
belajar. Untuk menentukan apakah sumber belajar itu masih dapat dipergunakan
atau tidak di butuhkan waktu, biaya yang terbatas dan lain sebagainya.
Manfaat
Sumber Belajar
1. Memberi
pengalaman belajar secara langsung dan konkrit kepada peserta didik, misalnya:
karya wisata ke objek seperti meseum, kebun binatang, candi, makam para wali,
masjid pondok pesantren dan sebagainya.
2. Dapat
menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi alau dilihat.secara
langsung dan konkrit. Misalnya: denah, sketsa. foto, film. majalah dan sebagainya.
3. Dapat
menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada didalam ruang, misalnya: buku
les, foto, film, narasumber. majalah, dan sebagainya.
4. Dapat
memberi informasi yang akurat dan terbaru. misalnya:buku bacaan, ensiklopedia.
nnajalah dan sebagainya.
5. Dapat
membantu memecahkan masalah pendidikan (terhadap instruksional) dan dalam
lingkup makro (misalnya: belajar system jarak jauh melalui modul) maupun makro
pengaturan ruan yang menarik, simulasi, penggunaan film dan OHP
6. Dapat
merangsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut. Misalnya: buku
teks, buku bacaan, film.dan lain-lain yang mengandung daya penalaran sehingga
dapat merangsang peserta didik untuk berfikir, menganalisis dan berkembang
lebih lanjut.
7. Dapat
memberikan suri tauladan yang baik (berahlaqul kariamh) pada para mahasiswa.
Sumber : Sumber Belajar IPS MI STAIN JURAI SIWO Metro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar