Sumber belajar IPS

Sumber belajar
Pengertian
Pengertian sumber belajar sebagai segala tempat atau lingkungan sekitar benda dan orang yang mengandung imformasi yang dapat digunakan sebagai wahana untuk melakukan proses perubahan tingkah laku.
Katogori Sumber Belajar sbagai berikut :

a.       Tempat atau lingkungan alam sekitar
b.       Benda yaitu segala benda yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laku peserta didik
c.       Orang yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu tertentu
d.      Buku yaitu segala macam buku yang dapat dibaca secara mandiri oleh peserta didik
e.       Peristiwa dan fakta yang sedang terjadi.

Sumber belajar akan menjadi bermakna apabila sumber belajar diorganisir melalui suatu rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya.

Fungsi Sumber Belajar

Fungsi sumber belajar
1.      Fungsi Riset dan teori
2.      Fungsi desain
3.      Fungsi produksi dan perumpamaan
4.      Fungsi evaluasi dan seleksi
5.      Fusi organisasi dan pelayanan                         

Adapun tahapan-tahapan dalam mengelola sumber belajar adalah sebagai berikut:
Pertama. Membuat daftar kebutuhan memalalui sumber dan sarana
Kedua. golongkan ketersediaan alat. bahan atau sumber belajar tersebut


Komponen Sumber Belajar

Komponen sumber belajar adalah suatu system.. maksudnya sumber belajar itu merupakan suatu kesatuan yang didalamnya terdapat komponen yang saling berhubungan. saling mempengaruhi. serta saling melengkapi.

Adapun komponen-komponen belajar dapat dibagi sebagai berikut
·         Tujuan, misi. dan fungsi sumber belajar. Setiap sumber belajar selalu mempunyai tujuan atau misi yang akan sicapai tujuan Setiap sumberitu  selalu ada. baik secara eksplisit maupun secara inplisit.
·         Bentuk. format, atau keadaan fisik sumber belajar. Wujud sumber belajar secara fisik satu dengan yang lain berbeda-beda, misalnya pusat pembelajaran berbeda dengan kantor bank, meskipun sama-sama memberi informasi perdagangan.
·         Pesan yang dibawa oleh sumber belajar. Setiap suber belajar selalu membawa pesan yang dapat dimanfaatkan oleh pemakainya. antara lain: pesan harus sederhana, cukup luang, lengkap, mudah dimaknai.
·         Tigkat kesulitan atau kompleksitas pemakaian sumber belajar berkaitan dengan keadaan fisik dan pesan sumber belajar. Untuk menentukan apakah sumber belajar itu masih dapat dipergunakan atau tidak di butuhkan waktu, biaya yang terbatas dan lain sebagainya.



Manfaat Sumber Belajar
1.      Memberi pengalaman belajar secara langsung dan konkrit kepada peserta didik, misalnya: karya wisata ke objek seperti meseum, kebun binatang, candi, makam para wali, masjid pondok pesantren dan sebagainya.
2.      Dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi alau dilihat.secara langsung dan konkrit. Misalnya: denah, sketsa. foto, film. majalah dan sebagainya.
3.      Dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada didalam ruang, misalnya: buku les, foto, film, narasumber. majalah, dan sebagainya.
4.      Dapat memberi informasi yang akurat dan terbaru. misalnya:buku bacaan, ensiklopedia. nnajalah dan sebagainya.
5.      Dapat membantu memecahkan masalah pendidikan (terhadap instruksional) dan dalam lingkup makro (misalnya: belajar system jarak jauh melalui modul) maupun makro pengaturan ruan yang menarik, simulasi, penggunaan film dan OHP
6.      Dapat merangsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut. Misalnya: buku teks, buku bacaan, film.dan lain-lain yang mengandung daya penalaran sehingga dapat merangsang peserta didik untuk berfikir, menganalisis dan berkembang lebih lanjut.

7.      Dapat memberikan suri tauladan yang baik (berahlaqul kariamh) pada para mahasiswa.


Sumber :  Sumber Belajar IPS MI  STAIN JURAI SIWO Metro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar