TUJUAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pelaksanaan penilaian 
hasil  belajar pada proses  belajar mengajar 
bertujuan untuk: 
(1) mengetahui kemajuan belajar siswa, baik sebagai individu
maupun anggota 
kelompok/kelas  setelah  ia 
mengikuti  pendidikan  dan pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan. 
(2)  mengetahui  tingkat 
efektifitas  dan  efisiensi 
berbagai  komponen pembelajaran 
yang  dipergunakan  guru 
dalam  jangka  waktu tertentu. 
Komponen  pembelajaran  itu 
misalnya  menyangkut perumusan materi pembelajaran, pemilihan metode
pembelajaran, media,  sumber  belajar, 
dan  rancangan  sistem 
penilaian  yang dipilih.
(3) menentukan tindak lanjut pembelajaran bagi siswa,
dan  
(4)  membantu  siswa 
untuk  memilih  sekolah, 
pekerjaan,  dan  jabatan yang sesuai dengan bakat, minat, perhatian, dan
kemampuannya.  Dari  tujuan  tersebut, 
menunjukkan  bahwa  penilaian 
hasil belajar    pada  dasarnya 
tidak  hanya  sekedar 
mengevaluasi  siswa, tetapi  juga  seluruh 
komponen  proses  pembelajaran, 
seperti  guru, metode,  dan  media 
pembelajaran.  Karena  kegiatan 
pembelajaran tidak 
semata-mata  diorientasikan  kepada 
siswa,  tetapi merupakan system yang melibatkan semua komponen pembelajaran yang akan digunakan  untuk  perbaikan 
bidang  pengajaran  dan 
hasil  belajar, fungsi  diagnosis  dan 
usaha  perbaikan,  fungsi 
penempatan  dan  seleksi,  fungsi  bimbingan dan penyuluhan,  perbaikan   
kurikulum, dan penilaian kelembagaan.
Terimakasih atas suka 👍 dan subscribe vidio dibawah ini 
                                                         👇
