TUJUAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pelaksanaan penilaian
hasil belajar pada proses belajar mengajar
bertujuan untuk:
(1) mengetahui kemajuan belajar siswa, baik sebagai individu
maupun anggota
kelompok/kelas setelah ia
mengikuti pendidikan dan pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
(2) mengetahui tingkat
efektifitas dan efisiensi
berbagai komponen pembelajaran
yang dipergunakan guru
dalam jangka waktu tertentu.
Komponen pembelajaran itu
misalnya menyangkut perumusan materi pembelajaran, pemilihan metode
pembelajaran, media, sumber belajar,
dan rancangan sistem
penilaian yang dipilih.
(3) menentukan tindak lanjut pembelajaran bagi siswa,
dan
(4) membantu siswa
untuk memilih sekolah,
pekerjaan, dan jabatan yang sesuai dengan bakat, minat, perhatian, dan
kemampuannya. Dari tujuan tersebut,
menunjukkan bahwa penilaian
hasil belajar pada dasarnya
tidak hanya sekedar
mengevaluasi siswa, tetapi juga seluruh
komponen proses pembelajaran,
seperti guru, metode, dan media
pembelajaran. Karena kegiatan
pembelajaran tidak
semata-mata diorientasikan kepada
siswa, tetapi merupakan system yang melibatkan semua komponen pembelajaran yang akan digunakan untuk perbaikan
bidang pengajaran dan
hasil belajar, fungsi diagnosis dan
usaha perbaikan, fungsi
penempatan dan seleksi, fungsi bimbingan dan penyuluhan, perbaikan
kurikulum, dan penilaian kelembagaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar