Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan yaitu mengumpulkan dan mengorganisir buku untuk menunjang tujuan pendidikan (pesantren) dan kurikulum. Sehingga pada waktunya perpustakaan akan terangkat menjadi “educational and research function” yaitu sebagai pusat “kegiatan pendidikan dan aktifitas ilmiah”.[1]
Adapun pengertian secara tekstual adalah sebagai berikut : “perpustakaan adalah sarana pendidikan yang terdiri dari buku-buku pelajaran, majalah-majalah, koran, brosur, dan bacaan-bacaan lainnya yang berfungsi untuk membantu memperlancar jalannya proses belajar mengajar “.[2]
Berdasarkan pengertian tersebut jelas tergambar bahwa perpustakaan itu merupakan sarana pendidikan yang sangat penting guna memperlancar proses belajar mengajar karena di dalamnya berisikan media informasi yang dibutuhkkan oleh siswa dalam belajar untuk mengembangkan pengetahuan mereka atau mencari informasi baru sebagai wawasan baru yang melengkapi pengetahuan siswa yang diperoleh dalam kelas.
2. Fungsi Perpustakaan Sekolah
Fungsi Perpustakaan sekolah adalah sebagai sarana penunjang pendidikan, sebagai sumber pembinaan kurikulum, sebagai sarana proses belajar mengajar dan sebagai sarana penanaman dan pembinaan minat baca. Selanjutnya fungsi perpustakaan dapat dibedakan menjadi fungsi sebagai sumber berita dan fungsi sebagai sarana pendidikan, yang dijelaskan sebagai berikut :
a. Sebagai Sumber Berita
Sebagai sumber berita, perpustakaan berisi bahan-bahan berita untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang terjadi baik dari segi lokal maupun dari segi berita Nasional. Oleh sebab itu : “Perpustakaan sedapat mungkin disediakan bahan-bahan berita sehingga pembaca dapat mengetahui perkembangan yang terjadi di sekitarnya baik dalam lingkup lokal maupun Nasional”.[3]
Perpustakaan yang berfungsi sebagai sumber berita ini jelas sangat penting untuk membuka wawasan perkembangan bidang sosial, politik atau berbagai bidang pembangunan.
b. Sebagai Sarana Pendidikan
Perpustakaan sebagi sarana pendidikan dapat dipahami bahwa dengan adanya
Perpustakaan akan memberikan peningkatan bidang ilmu pengetahuan dan menumbuhkan minat seseorang untuk belajar menggali ilmu pengetahuan, maka dengan berdirinya Perpustakaan akan menggugah masyarakat guna membaca mencerdaskan pikiran dan menambah wawasan pengetahuan melalui media cetak.
“ Dalam Perpustakaan disediakan buku-buku dari berbagai cabang ilmu, baik mengenai bidang agama ataupun pengetahuan umum”.[4]
Dari buku-buku yang membahas berbagai bidang ilmu pengetahuan itu maka setiap siswa ataupun perorangan dapat belajar dan mendalaminya dengan mudah dan ini sangat menunjang dalam memperluas sarana mencerdaskan kehidupan bangsa serta taraf khususnya bagi siswa akan lebih mapan taraf kemampuannya, mantap segi kognitifnya dan dapat menambah wawasan ilmiah sehingga mampu menambah kemampuannya dalam mempelajari pelajaran di sekolah.
3. Tujuan Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan merupakan alat vital di setiap lembaga pendidikan, Perpustakaan harus mampu berdiri di depan memberikan informasi pengetahuan yang luas dan konstan, tidak bagi tentang manusia dan dunianya. Oleh karena itu sekolah harus melengkapi perpustakaanya dengan baik pada waktu sekarang dan masa yang akan datang.
[1] Departemen Agama, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan di Pondok Pesantren (Jakarta : Depag RI, 2003), h. 9
[2] Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bahan Dasar Peningkatan Wawasan Kependidikan (Jakarta : Balai Pustaka, 1995), h. 160.
[3] Fauzie Nurdin, Perpustakaan (Bandar Lampung : Gunung Pesagi 1992), h. 51.
[4] Ibid, h. 51.
untuk melengkapi perpustakaan makalah silahkan klik download dibawah ini
semoga bermanfaat